Minggu, 16 Maret 2014

Psikologi di Indonesia : Memperkuat Fondasi (1960-1970 an)

 Di tahun 1960 Universitas indonesia menetapkan berdirinya fakultas psikologi di universitas tersebut. Pada tahun tersebut , Departemen Psikologi tersebut berdiri sendiri menjadi Fakultas Psikologi dengan Slamet sebagai dekan pertama sebelum digantikan Fuad Hassan pada tahun tujuh-puluhan ( selain menjadi guru besar dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia,Fuad Hassan kemudian menjadi Duta Besar dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Beliau mendalami psikologi klinis sebagai spesialisasinya. Sebagai pengajar di Psikologi UI, mata kuliah yang diajarnya antara lain Pendekatan Fenomenologi dalam Psikologi Klinis, Kapita Selekta Psikologi Klinis dan Psikodiagnostik, Pendekatan Fenomenologi dalam Psikologi Klinis, dan Seminar Kesehatan Mental.


Fuad Hassan (1929-2007)

Di tahun 1961 para psikolog yang di tempatkan di Bandung kemudian mendirikan Fakultas Psikologi di Universitas Padjajaran . Dari beberapa universitas yang mengawali berdirinya fakultas psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran lah yang berbeda,karena ada dua keistimewaan pendirian fakultas ini, yaitu :

Fakultas Psikologi berdiri sebagai Fakultas, bukan berkembang dari bagian program studi lain seperti : Fakultas Psikologi UI yang berkembang dari program studi Fakultas Kedokteran dan Fakultas Psikologi UGM yang berkembang dari Fakultas Paedagogi.

Pendirian Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran dapat langsung diresmikan berdiri sendiri sebagai fakultas tanpa harus berada di bawah naungan Yayasan Padjadjaran terlebih dahulu seperti beberapafakultas lain di Universitas Padjadjaran. Biasanya pada waktu itu sebelum diresmikan menjadi fakultas harus berada di bawah naungan yayasan sekurang-kurangnya satu tahun. Sehingga Fakultas Psikologi UNPAD bisa disebut pelopor sebagai Fakultas Psikologi pertama di Indonesia yang telah menginspirasi pendidikan tinggi psikologi lainnya di Indonesia untuk meningkatkan diri menjadi fakultas tersendiri, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.  Kemudian setelah berkembangnya Fakultas Psikologi di Universitas Indonesia dan Universitas padjajaran, pada tahun 1964,Fakultas Pendidikan di Universitas  Gajah Mada sendiri menjadi institut Pengajaran dan Pendidikan Yogyakarta. Namun Jurusan Psikologi yang terdapat di dalam Fakultas Pendidikan tersebut memilih untuk tetap di Universitas Gajah Mada dan kemudian menjadi Fakultas Psikologi di universitas tersebut.

Sumber : 
Sarwono, Sarlito W..  (2002).  Berkenalan Dengan Aliran Dan Tokoh-tokoh Psikologi.
- http://plo-psikologi.ugm.ac.id/
- http://psikologi.unpad.ac.id/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar